Indonesia, My Way

Share More

Perpecahan terjadi bukan karena banyaknya keragaman, tapi karena hilangnya rasa percaya satu sama lain. Adu domba bisa berhasil bukan karena adanya perbedaan, tapi karena kecurigaan yang dipupuk hingga subur.

Semua orang memiliki pendapat dan yakin akan kebenaran pendapatnya. Walaupun sudah didiskusikan, tidak semua pendapat bisa disatukan. Bila sudah sepakat untuk berbeda, tidak perlu dilanjutkan dengan saling merendahkan, apalagi menghina. Sadarilah bahwa sebesar-besarnya keyakinan dan cintamu atas apa yang kau percayai, sebesar itu juga yang dimiliki orang lain atas kepercayaannya.

Kita sama-sama mau Indonesia maju, kita semua pasti mau Indonesia semakin hebat. Walaupun kita tidak selalu sependapat akan caranya, janganlah kita terlalu sibuk meributkan cara mana yang lebih benar sehingga justru menjauhkan kita dari tujuan kita yang sama. Mari bertanya pada diri kita sendiri,

“apakah lebih baik Indonesia maju walaupun bukan dengan cara-ku, ataukah lebih baik Indonesia hancur supaya terbukti bahwa cara-ku adalah yang paling benar?”

Share this Post More

Leave a Reply