Flex sample for a start

Share More

Untuk iseng saja dan mungkin sedikit bernostalgia, saya coba2 Flex dengan guidance dari rekan kantor (thanks Ted 😛 ). Jadi inilah hasil percobaan pertama (^_^) selamat menikmati (bagi yang mau download sourcenya buat belajar atau sekedar iseng silahkan lihat linknya di bawah).

Saat kuliah dulu saya sangat suka dengan Macromedia Flash. Saya mulai dengan versi 4 yang masih lebih fokus terhadap permainan animasi, terus mengikuti perkembangan ke versi 5 dan sampai beberapa versi berikutnya yang makin canggih dengan ActionScript. Sayangnya berhubung pekerjaan pertama yang saya dapatkan tidak menuntut keahlian di bidang ini, perlahan tapi pasti saya semakin jarang menyentuh Flash.

Saat ini sudah lewat hampir 10 tahun dari masa-masa perkenalan. Macromedia sebagai pengembang Flash sudah diakuisisi oleh Adobe. Syukurnya pengembangan flash tidak terhenti, bahkan sudah terlahir adiknya yang dikenal dengan nama Flex, Adobe Flex. Perbedaanya saya juga tidak tahu secara terperinci, tapi secara garis besar Flash dari awal diciptakan untuk pengembangan animasi, dan Flex dilahirkan untuk pengembangan pemrograman.

Seperti yang saya katakan di awal, karena iseng dan sedikit bernostalgia, saya coba-coba bikin aplikasi game ringan dari Flex. Ide game ini saya dapatkan dari Rian (thanks Rian 😀 ). Katanya ini game-nya perokok saat lagi kurang kerjaan. Jadi, kalau kurang kerjaan ya silahkan dicoba2 deh. Buat yang ingin sourcenya, silahkan download di sini, siapa tau bisa membantu rekan-rekan lain yang lagi explore Flex juga. Enjoy!

Share this Post More

13 Responses to “Flex sample for a start”

  1. Chen Hendrawan Says:

    Ga bisa undo jadi susah :((

  2. kocu Says:

    hehe… justru jangan bisa undo biar susah :-p

  3. OktaEndy Says:

    susah 😀
    si Chen yang perokok aja gak bisa, apalagi aku 😀

  4. kocu Says:

    wehweh, kalau okta ama chenz sih pasti bisa (^_^)

  5. kagendra Says:

    susah bangetttttt euyyyy15 kali coba belum tembus……..clue dong.wakakakakaka

  6. kocu Says:

    weleh, om kagendra nyoba juga ya (^_^) hintnya satu nih, consider all options 😀 hehe (itu mah ga perlu dikasih tau lagi ya 😛 )

  7. Ivan Says:

    I did it! (Less than 10 tries)

    Ayo coba terus !

  8. kocu Says:

    Hehe… sip sip! manthap!

  9. Supermance Says:

    ada gameshark atau cheat nya gak mas?

    hehe, ketahuan banget gak bisa maennya

    bagus mas gamenya, jd pgn belajar flash, tp action scriptnya itu lho selalu bikin mumet 🙂

  10. kocu Says:

    wah, nanti lebih susah bikin cheatnya daripada bikin gamenya (^_^) pake actionscript lagi :-p ga kuat deh 😀

  11. yande Says:

    GAMPANGGG!!!!!!!! setelah 5 kali mencoba

  12. yande Says:

    jawabannya 1 X 1 1 X 1 wekeke…

  13. kocu Says:

    hehehe, manthap blih! (^_^) Tapi kunci jawabannya kelupaan 2 batang tuh 😛 hehe, anggep aja sekedar hint buat temen2 laen yg blom bisa 😀

Leave a Reply