SMTP Server Simulator

Share More

Ini tool yang baru gw temuin kemaren. Membantu banget untuk development environment gw. Semenjak gw pake WAMP, gw jadi kehilangan fungsi SMTP yang biasanya ditangani juga ama IIS. Awal-awalnya sih no problemo, tapi saat mulai butuh fasilitas kirim email di PHP, gw mulai meratap.

Gw coba dulu pake SMTP dari domain gw (sahat-tambunan.com), tapi entah kenapa walau sudah disetting bermacam2 tidak kunjung berhasil jua. Pilihan kedua, pake SMTP laen yang public service dan gratis, tapi rasanya kurang sreg. Akhirnya mulai cari-cari SMTP Server buat Windows yang ringan (dan gratis tentunya). Ketemu juga 2 alternatif, Free SMTP Server dan PostCast Server Free Edition. Karena perbedaan size yang sangat banget, 767KB vs 13.9MB (plis deh), akhirnya pilihan jatuh telak ke Free SMTP Server (I’m trying to keep it as lite as possible).

smtpsimulator.jpg Setelah download dan di run, everything seems to work fine. Mulai deh jalanin PHP nya, alhasil… entah kenapa PHP nya bengong, SMTP nya juga ikut2an bengong. Berapa kali dicoba tetep begitu juga. Mau coba2 konfigurasi, tapi dari Free SMTP Servernya cuma ada 2 pilihan, DNS yang mau dipake (bisa otomatis) dan Port yang akan dipakai untuk listening (default 25). That’s it. Akhirnya gw ikut2an bengong juga, pengen download PostCast, kayanya ko kurang cocok kalau toh cuma dipake buat development environment.

Googling2 lagi, gw lupa keyword apa yg gw pake, tapi akhirnya bertemulah gw dengan tools yang satu ini, Test Mail Server Tool. Aplikasinya ringan banget, apalagi buat download :p sizenya cuma 379KB. Install bentar, dan udah kepake nih sampe sekarang tanpa masalah. Program ini ga akan bener2 kirim email kita, tapi dia akan bukakan email yang terkirim (biasanya pake default email client kita). Menurut gw sih tool ini sudah sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan development environment gw. Ada yang tertarik mau pake juga? Please do.

Share this Post More

3 Responses to “SMTP Server Simulator”

  1. Chen Hendrawan Says:

    Hehehe… gw jadi inget. Dulu waktu masih kerja di webaxis pernah ada kerjaan bikin newsletter, sama harus di test buat beberapa ratus email dari database client. Masalahnya kan email test nya ga boleh kekirim beneran ke email-email user itu, bisa ngamuk mereka. Yang harus di test cuman apakah PHP nya sanggup mengirim email sebanyak itu dengan smooth apa enggak.

    Akhirnya gw bikin sendiri deh SMTP emulator sendiri pake Java. Karena udah googling ga ketemu 🙁 Tapi ga bikin dari awal sih, gw utak-atik dari code SMTP server yg udah ada (lupa linknya), terus gw ubah di bagian handling message nya aja. Nggak dikirim beneran tapi gw log.

  2. Freesoft Says:

    Hi Sahat
    I also really love to share freewares and free softwares to everybody.
    My new website is running now.
    http://www.free-softwares.org
    It provide direct link URL to latest freeware, drivers and antivirus updates.

    I’ll look for any new freeware in this website and I’ll include it to my web directory. I’ll also write the URL this website in my website’s posts

    Feel free to do the same.

    This way we can exchange links.

    What do you think?

  3. barangempuk.com » Test Mail Server Tool Says:

    […] smtp, software development Barangempuk yang ingin saya share kali ini sebenarnya sudah pernah saya post di blog saya. Agak berbeda dengan beberapa barangempuk yang saya share sebelumnya, software […]

Leave a Reply