Upgrade to WordPress 2.2

Share More

WordPress 2.2 di release beberapa minggu yang lalu. Dapet kabarnya sih dari blognya okta. Blom langsung kepikir sih untuk upgrade, tapi akhirnya hari ini kesampean juga. Pengen sharing sedikit aja nih step-step update nya. Oh iya, sebelumnya sekedar info, gw upgrade dari WordPress 2.1.0; Berikut langkah2 upgrade yg gw lakukan sesuai petunjuk wordpress:

  1. BACKUP

    Langkah pertama yg pasti ialah simpan/selamatkan (backup) dulu semua yang ada. Secara langkah mungkin bisa dibagi lagi jadi 2, yaitu Backup Database dan Backup Files.

    Untuk backup database gw pake phpmyadmin yg disediakan oleh hosting gw, tinggal export semua tables, trus simpen filenya di lokal. Sedikit tips tambahan lagi, biasakan kalau mem-backup selalu sertakan tanggal backup pada nama file, bagusnya sih dengan format tanggal-bulan-tahun-jam, supaya otomatis juga tersort di explorer.

    Backup files gw lakukan dengan menggunakan tools Web Based File Manager dari hosting gw, yg syukurnya support melakukan archiving, jadi gw ga perlu download semua file, cukup hasil archivenya saja. Dan jangan lupa, backup SEMUANYA ya, ga usah pake pilih2.

  2. Deactivate ALL Plugins

    Menurut wordpress sih, gak semua plugin akan langsung compatible dengan WordPress versi terbaru, jadi supaya gak malah keak keok (baca: bermasalah) setelah upgrade, jangan lupa dimatikan dulu semua plugin yang ada.

  3. Upload the New Version

    Yang ini stepnya agak panjang, pertama pastikan udah punya versi WordPress terbaru (plis deh kalo sampe lupa). Kalo udah di ekstrak aja dulu isinya, setelah itu, ini langkah yg agak mengerikan, HAPUS semua file wordpress yg lama KECUALI:

    • folder wp-content
    • folder wp-images (di gw sih folder ini emang ga ada)
    • file wp-config.php
    • file .htaccess
    • folder wp-includes/language (buat yg make, gw sih tetep gw apus)

    Jangan tanya kenapa ya :p panjang jawabannya (^_^) pokonya semua file selain yang disebutkan di atas dihapus aja, plus tambahan untuk pengguna versi 2.0, (katanya) harus juga menghapus folder cache di dalem wp-content. Untuk menghapus gw masih pake tools yg sama dari web hosting gw (web based file manager). Nah! kalo udah bersih, sekarang saatnya upload versi baru yg udah di ekstrak tadi.

    Untuk upload gw pake program Core FTP LE Version. Gw sangat menyarankan untuk upload ini pake program FTP. Silahkan cari kalo mau program FTP laen, yg versi free juga cukup banyak ko pilihannya. Langkah upload sebenernya ga ada step2 khusus, tapi gw sendiri memilih untuk melakukannya per folder, mulai dari wp-admin, lalu wp-includes, lalu file-file di folder inti (root) dan terakhir dari isi folder wp-content yang ada 2, themes dan plugins, yg gw upload itu cuma plugins/akismet dan themes/default.

  4. Run Upgrade Script

    OK! kalo udah upload, sekarang tinggal jalanin Upgrade Scriptnya! fungsinya sih untuk ngupdate Database supaya sesuai dengan kebutuhan versi baru ini. Caranya, tinggal akses ke http://alamatblog/wp-admin/upgrade.php – Jangan lupa ganti alamatblog-nya ya :p Dari situ tinggal ikutin step yg dia kasih (next-next aja deh).

  5. Reactivate your Plugins

    Kalau sampet tahap ini dan ga ada masalah berarti upgrade WordPressnya seharusnya udah beres. Sekarang tinggal mengaktifkan lagi semua plugin yang udah dinon-aktifkan sebelumnya. Kalau mau aman sih, mending cek dulu apa plugin yg di pake itu ada update barunya untuk wordpress versi terbaru ini. Tapi kalo lu males (seperti gw juga), langsung aja aktifin satu-satu dan lihat apakah ada yg bermasalah

WAH? Ada yg error!? bermasalah? mudah2an gak, kalo iya brarti udah nasib deh :p Gw sih setelah upgrade sampe sekarang masih aman2 aja. Jadi… jangan lupa pastiin backup yg lu bikin di langkah pertama itu ga ada yg korup filenya sebelum lu lanjut, kalo gak nanti ga bisa di rollback dah. Eh, agak telat kali ya gw ngingetin-nya :p hoho… wish u luck with the upgrade, guys!

Share this Post More

4 Responses to “Upgrade to WordPress 2.2”

  1. OktaEndy Says:

    Oke dech.. tuh tuh dah ada yang berani upgrade hahahaha..
    aku gunain aplikasi FileZilla buat upload.

    wah…, kapan menyusul yach?? hehehehe..

  2. Chen Hendrawan Says:

    Tombol auto upgrade nya disebelah mana ya? Gw cari-cari ga ketemu tuh…

  3. kocu Says:

    Tombol Auto Upgrade yg mana di??? (–_)

  4. mamat Says:

    Sudah 2.3 sekarang Lae… hueheuheuehuhee….

    Salam kenal anyway.

Leave a Reply